DIRTY ANGEL

Para jawara-jawara musik rock selama ini identik dengan hal-hal yang negatif,mulai dari obat bius,seks,pemujaan setan,kekerasan dan lain-lain.Banyak aliran musik mereka menyuarakan keputusasaan,kebencian,marah dan keinginan bunuh diri,sehingga lengkaplah sudah bahwa musik identik dengan hal negatif.Pandangan ini tetap melekat dari tahun ke tahun dari mulai era Elvis Presley sampai band anak sekarang.Tidak dipungkiri hal ini menyangkut berbagai hal,mulai dari gaya hidup,popularitas,sensasi dan lain-lain.

Mungkin semua orang pencinta rock n roll dan musik cadas lainya sudah tahu,banyak pendekar rock yang meninggal pada usia yang sangat muda,dengan cara-cara yang tidak wajar dan terkesan mengerikan.”Malaikat berwajah kotor” alias obat bius telah merenggut mereka.Meskipun mereka telah pergi tetapi bagi sebagian penggemarnya mereka tetap pahlawan musik rock n roll. Siapakah mereka ?

1.Elvis Presley

Hampir semua orang tahu bahwa Elvis merupakan ikon musik yang melegenda di tahun 1950 sampai sekarang. Meninggal pada tanggal 16 Agustus 1977 di kamar mandi,dirumahnya Graceland mansion,Memphis, Tennessee,pada umur 42 tahun.

Dikabarkan Elvis terjatuh setelah dari toilet,dan terbentur lantai.Setelah dibawa ke Rumah Sakit Baptist Memorial,Elvis meninggal disana jam 3.30 sore waktu setempat.

Hasil Autopsi menujukan pemakaian obat terlarang yang melebihi dosis pada jasad Elvis seperti Morphine,Demerol (biasanya untuk penghilang rasa sakit), Chloropheniramine dan Vailum.Tetapi hal ini masih jadi bahan perdebatan.

2.Jimi Hendrix

Jimmy Hendrix seorang “Dewa Gitar” dengan Guitar Flying V mampu menghipnotis penggemarnya dengan berbagai atraksi yang memukau dan permainan gitarnya yang inovatif.Banyak karya lagunya yang membuat orang sekelas Joe Satraini terinspirasi dari sana seperti Purple Haze,Hei Joe,Electric Ladyland,Red House, dan lain-lain.

Terkenal dengan Trio dalam Group Jimi Hendrix Experience membuat Jimi hilang kendali.Kecanduan obat bius dan seks yang berlebihan merupaka kesehari-harian nya.Berat badanya merosot,disiplin kreatifnya mulai tidak berjalan.Semua orang menganggap Jimi adalah “Dewa” sehingga dia tidak mempunyai pegangan untuk hidupnya.

Mencari pembenaran lewat obat bius tidak menyelesaikan masalah,hingga setelah ikut bagian dalam The Isle of Festival di Inggris,dia pulang ke apartemen ceweknya dalam keadaan mabuk.Diraupnya segenggam pil sebelum tidur kemudian tidak bangun lagi.Jimi Hendrix tewas dalam kesakitan.Tidak bisa memuntahkan makanannya karena empedu beradu dengan paru-paru sehingga mati lemas.Mengenaskan.

3.Brian Jones

jones

Lewis Brian Hopkin Jones atau lebh dikenal sebagai Brian Jones lahir di kota Park Nursing pada 28 Februari 1942,anak pertama dari tiga bersudara.Ayahnya seorang desainer pesawat terbang, dan ibunya seorang guru piano .Dari kecil Brian senang akan alat musik,bakat ini menurun dari ibunya.

Perjalanan hidupnya sangat berliku namun sangat singkat hanya 27 tahun , dia ditemukan tewas di kolam renang di Cotchford Farm, East Sussex, di mana Jones meninggal pada tahun 1969. Saksi mata mengatakan, ia terlalu banyak  minum dan tenggelam.Tetapi ada rumor yang mengatakan dia bunuh terkait skandal perselingkuhannya dengan pacar Keith Richard,Pat.

Lagu-lagu Paint it black,Lets spend the night together,Ruby tuesday,Under my thumb,Lady Jane menjadi terdengar lebih akustik berkat sentuhan Brian Jones

4.John Bonham

bonham

John Henry Bonham alias Bonzo terlahir 31 Mei 1948 di Redditch,Inggris dan meninggal 25 September 1980 di sebuah kolam renang,kematiaannya di duga terlalu banyak minum vodka dan tenggelam.

Dikenal sebagai drumer Led Zeppelin yang sangat garang,keras dan liar,seperti dalam sebuah lagu instrumen “Moby Dick” tercipta harmonisasi,keliaran sekaligus kejeniusannya. Dalam setiap konsernya dia selalu membawa gong besar untuk di nantinya dibakar di akhir acara.

Jimmy page,gitaris Led zeppelin mengatakan : “Led zeppelin tanpa Bonham bukanlah Led zeppelin” ini menunjukan peran penting seorang Bonham,untuk itu Led zeppelin dibubarkan dan tidak pernah mengganti personelnya

5.Keith Moon

keith

Bergabung dengan The Who di usia 17 tahun,Moon mempuyai karakter dan gaya hidup yang sangat merusak. Sering selama tour konser dia menghancurkan barang2 kamar hotel dengan cara melempar perabotan keluar dari jendela.

Moon di ketemukan mati karena overdosis Clomethiazole (Heminevrin), sebuah obat sebagai bagian dari program untuk penyembuhan ketergantungan dari alkohol. Dalam penyelidikan polisi ada sekitar 32 pil dalam tubuhnya.Moon meninggal dalam usia 31 tahun.

6.Janis Joplin

janis

Lahir di Port Arthur, Texas 19 Januari 1943. Janis merupakan salah satu vokalis wanita yang sangat terkenal dijamannya,bergabung bersama Big Brother and The Holding Company pada tahun 1966.

Dia ditemukan mati tergeletak  di lantai di Landmark Motor Hotel ditempat dia menginap selama tour oleh produsernya.Penyebab kematiannya  adalah overdosis heroin, mungkin dikombinasikan dengan pengaruh alkohol.

7.Jim Morrison

morisson

Terlahir dengan nama James Douglas (8 Desember 1943-3 Juli 1971),Jim Morrison merupakan vokalis, sutradara,penyair,penulis lagu.Tetap lebih terkenal sebagai pemimpin dari The Doors.

Dia ditemukan mati  di bak mandi di apartemennya di 17 Rue Beautraillis oleh pacarnya, Pamela Courson.
Sebuah laporan dokter menyatakan penyebab kematian adalah gagal jantung berat diperburuk oleh minum.Tetapi sumber lain mengatakan dia overdosis karena heroin

8.Kurt Cobain

kurt

Pada 8 April 1994 Kurt Cobain, Pentolan Nirvana, ditemukan tewas di sebuah rumah di Seattle dengan luka di kepala bekas tembakan senapan,diduga bunuh diri.Sementara itu hasil otopsi menunjukan kadar heroin yang banyak dalam tubuhnya.

Semenjak terkenal dengan lagu Smeel like teen spirit,Kurt kehilangan pegangan dan kepercayaan diri.Ketenaran yang didapatkan membuat dia menjadi tertekan.Diberitakan beberapa kali kabur dari pusat rehabilitasi ketergantungan obat,Kurt akhirnya memilih bunuh diri meninggalkan seorang istri Courtney Love dan seorang putri Frances Bean Cobain.

Menurut kabar terbaru dari penyelidikan polisi,diyakini bahwa Kurt tidak bunuh diri tetapi di bunuh,namun hal ini masih dalam perdebatan dan penyelidikan.

9.Sid Vicious

sid

John Simon Ritchie-Beverely alias Sid Vicious adalah pemain bas Sex Pistols yang meninggal di usia muda yaitu 21 tahun.Kebengalan hidupnya di Sex Pistols sangat terkenal dan menjadi panutan para Punk sebutan untuk penggemar musik aliran Sex pistols.

Sempat di tahan karena dituduh membunuh kekasihnya Nancy Spungen,Sid dibebaskan dengan jaminan,tetapi tidak lama kemudian dia ditemukan tewas Overdosis Heroin.

10.Freddy Mercury

mercury

Farrokh Bulsara atau Freddie Mercury adalah seorang pentolan dari gup musik Queen dari Inggris.Dia lahir di Zanzibar pada 1946 dan menghabiskan sebagian besar masa kecilnya di India sebelum keluarganya menetap di Inggris pada tahun 1964.

Kegeniusannya dalam menciptakan lagu dibarengi kemampuannya dalam olah vocal seolah-olah hilang tidak berbekas ketika pada tanggal 23 November 1991 dia mengumumkan kepada dunia bahwa dia terkena HIV akibat kelainan seksual alias gay. Keesokan harinya Freddie Mercury meninggal dunia.

Leave a comment