LED ZEPPELIN SANG RAJA “HEAVY-ROCK”

Led Zeppelin benar-benar merupakan kelompok yang super,dipandang dari segala hal.Sejak 1968 yaitu pertam kalinya mereka menghimpun diri,rekor “Box Office meledak di mana-mana.Lebih dari 10 juta piringan hitam Long Play (LP) -nya terjual habis.

Group ini terdiri dari Jimmy ” Charming” Page dengan kemahiran gitarnya,Robert “Percy” Plant dengan lengking vokalnya yang konon mencapai 10 oktaf,John “Bonzo” Bonham dengan gemuruh drum dan John Paul Jones dengan dentum bas guitarnya.Kejayaan Led Zeppelin adalah pada saat konser di Amerika Serikat pada tahun 1973 tepatnya pada serangkaian konser mereka di Madison Square Garden,New York.

Pada setiap pertunjukan mereka,tempat yang dipakai tempat pertunjukan selalu penuh sesak,di dalam maupun di luar komplek,sehingga para personel band harus dijaga ketat oleh petugas keamanan.Para peronel kemudian duduk-duduk santai sampai anak buah Peter Grant,sang Manager pertunjukan,menjebol pintu rias dan berteriak-teriak agar pertunjukan segera di mulai.

Pertunjukan dimulai

Diantara gempita dan tepuk riuh dan teriakan,satu persatu tampak wajah para personel,lampu menyala.Gemuruh penonton seakan bergelombang,para petugas mulai kewalahan.Namun suara Plant mampu menyihir penonton,sebait lagu mulai bisa menenangkan massa diantara dentum drum dan gitar.Penonton dibiarkan tertegun dan diam sesaat sebelum mereka membawakan lagu yang lain.Tiba-tiba dengan acuh tak acuh Page menggetarkan petikan gitar solo yang ganjil tapi berbobot,berbagai pola kebisingan penuh tenaga,meletup letup.

Berkisar diantara musik rock liar dan lagu cinta yang lembut,Led Zeppelin berhasil menyelesaikan penampilan mereka selama 3 jam non-stop.Dan meskipun suasana hati yang diciptakannya berubah-ubah diantara yang liar dan yang lembut,ketegangan yang mencekam penonton tak berkurang kuatnya.

Yang istimewa,semua itu bukan sekedar volume ataupun dinamika suara saja.Tidak seperti para pencadu musik rock lainnya,musik Led Zeppelin jelas utuh,tercipta oleh kehati-hatian mengolah,menyusun dan melengkapi variasi komposisi musik.Suara keras hanyalah sebuah alat untuk menonjolkan kontras.

Stadium itu tergetar kembali oleh riuh tepuk tangan selama 15 menit,ketika mereka membawakan 2 lagu ekstra.Walaupun penampilan mereka tampak sebagai visual yang gemerlapan,sebenarnya kemahiran merekalah yang mengambil peranan penting diatas pentas tersebut.

Jimmy Page dianggap sebagi musikus yang menentukan nasib Led Zeppelin.Ia seorang pendiam yang suka menyendiri (lihat Profile Jimmy Page yang akan diposting berikutnya).Tapi terkenal dengan kekuatan yang tenang-tenang menghanyutkan.Dan itu terlihat pada permainan gitarnya yang memukau.

Lirik Yang Sexy

Album pertama mereka (Led Zeppelin) beredar di awal tahun 1969 dengan menampilkan musik rock yang agresip dan berisi lirik-lirik yang “nyeksi”.Jimmy Page juga meng-ekplorasi kemampuanya yang garang tapi juga dikendalikan dengan hati-hati,seperti lagu “Black Mountain Side”,sebuah nomer gitar akustik bersenar metal.

Walaupun penjualan album mereka lancar,tetapi mereka tidak pernah berminat untuk mencetak piringan hitam tunggal (Kalo sekarang CD atau DVD) di Inggris.Mereka ingin mengkombinasikan kemajuan karir mereka dengan berbagai tour yang sukses dan produksi satu album setiap tahunnya.Namun publik dan pers tidak selalu menerima alasan itu.

Album kedua mereka (Led Zeppelin II) yang beredar pada bulan Agustus 1970 semakin memperkokoh posisi keberhasilan mereka.Beberapa lagu mereka seperti “Whole Lotta Love” dan “The Lemon Song” menjadi puncak musik “Heavy Rock”.Dan terselip juga “Moby Dick” sebuah solo Drum yang garang tapi penuh inovatif dari Bonham.

Album ketiga mereka (Led Zeppelin III) berbeda dengan rekaman-rekaman sebelumnya,kali ini mereka melantunkan lagu-lagu lama dan beberapa lagu folk tradisional dari daerah pedalama Welsh.Pers mengkritik album mereka habis-habisan,tetapi dalam album ini terselip sebuah lagu Blues yang kental sekaligus fenomenal,menjadi inspirasi buat generasi berikutnya “Since i’ve been loving you”.

Setahun kemudian,setelah mengakhiri dua kali konser yang sukses,grup ini mulai mempersiapkan satu album yang baru.Mereka berusaha membuktikan bahwa mereka masih harus dikagumi lewat LP disamping Live show mereka.Secara nekad mereka memproduksi Album keempat dengan tidak menempelkan nama Grup tersebut,tidak juag nama ataupun wajah mereka.Mereka hanya mengukir empat buat lambang yang menunjukan jati diri mereka.Album tersebut diedarkan pada bulan November 1971,sementara banyak yang yakin bahwa Led Zeppelin secara bodoh membunuh karir dan pasaran musik mereka,justru yang terjadi sebaliknya,album tersebut menjadi hits yang diperebutkan di mana-mana.Sebuah lagu “Stairways to Heaven” menjadikan master karya musik yang tak tergantikan sampai sekarang.

Namun hubungan yang kurang enak diantara Led Zeppelin dan orang-orang pers tetap merupakan sumber bahaya,dimana akan menenggelamkan karir mereka.Sikap ini di picu oleh kesombongan Led Zeppelin sendiri dan orang-orang yang obyektif dan sinisme terhadap original karya mereka.

Pada Tahun 1972 mereka mengadakan tour konser di Amerika,pada saat bersamaan the “Rolling Stones” juga mengadakan konser disana.Akibatnya dengan mudah mereka Zeppelin disisihkan dari publikasi koran-koran.Dalam tour ini mereka kurang mendapat sambutan.

Dalam bulan Mei 1973,mereka meluncurkan album baru “House of The Holy” dan perdebatan pun mulai dikobarkan lagi.Ada sebagian yang suka dengan lagu Zeppelin tetapi tidak suka dengan personel,begitupun sebaliknya.Disini terdapat lagu “Kashmir” yang cukup menggoda.

Tak dapat disangkal,dengan terjualnya 58.000 karcis oleh penonton yang ingin menyaksikan konser tunggal mereka di La Tampa,Florida,grup ini berhak mendapatkan gelar sebagai pemecah rekor untuk jumlah pengunjung dalam suatu pertunjukan grup band tunggal.

* Terimakasih untuk Ariel Herjanto untuk artikelnya.

3 Responses

  1. gud web few… absolutely GReAt….

    just gave me @chance 2learn it….

  2. Heavy Rock Stars Music Beybeh…
    But Not Rokx cewek… hehee..
    a gud GREAT BAND til now… especialy Page.. event i nvr know him…
    krn lom penah kenalan hiks..
    Bout iknew him 4m some article wich i read N telling By someone who addicted to him…
    thx… 🙂

Leave a comment